Perkebunan Kurma: Prospek Usaha Terbaru yang Menjanjikan

2 min read

Perkebunan Kurma

Perkebunan Kurma: Prospek Usaha Terbaru yang Menjanjikan. Kurma adalah buah yang sangat populer akhir-akhir ini, terutama di kalangan umat muslim. Tingkat konsumsi buah ini setiap tahun semakin bertambah tinggi. Dulu, kurma hanya dikonsumsi pada bulan Ramadhan, tetapi kini banyak masyarakat Indonesia yang mengonsumsi buah manis ini setiap hari.

Kurma memang memiliki banyak manfaat. Mulai dari sebagai camilan pengganti nasi khusus untuk yang menjalani program diet, menyembuhkan berbagai penyakit seperti anemia, serta buah muda beberapa jenis kurma dipercaya bisa dikonsumsi sebagai ikhtiar program kehamilan.

Tanaman kurma dulunya dipercaya hanya mampu tumbuh subur di negara Arab dengan tanah yang berpasir. Namun, ketika salah satu warga Thailand berhasil membudidayakan tanaman tersebut di negaranya yang cenderung beriklim tropis, Indonesia pun terpincut untuk mencoba menanamnya di Indonesia.

Menanam pohon kurma memang butuh teknik khusus dan kesabaran lebih. Dari 100 persen orang yang mencoba membudidayakannya, hanya 25 persen yang berhasil karena perawatannya memang cukup rumit. Namun, fakta ini tidak lantas menjadi klaim bahwa pohon kurma tidak bisa ditanam di Indonesia.

Aceh adalah salah satu provinsi yang sudah membuktikan bahwa perkebunan kurma tumbuh subur di sana. Jadi, jika Anda memiliki lahan kosong, tidak ada salahnya Anda mencoba budidaya pohon ini, mengingat prospeknya yang sangat menjanjikan.

Jika Anda ingin menanam pohon kurma, pertama sekali yang harus Anda perhatikan adalah benih kurma. Anda bisa mendapatkan benih yang berasal dari biji buah di toko pertanian. Setelah Anda dapatkan, Anda harus merendam biji tersebut selama empat hari.

Selanjutnya, Anda siapkan wadah berupa gelas plastik bekas dan letakkan tisu yang sudah dibasahi di dalamnya. Lalu tempatkan benih tersebut di tengah tisu untuk menjaganya agar tetap lembab. Awasi benih tersebut setiap hari. Jika terdapat tisu yang sudah kering, Anda bisa menyiram sedikit air. Dalam waktu seminggu, benih akan mulai berkecambah.

Setelah dua minggu, Anda bisa memindahkan kecambah tersebut ke dalam polybag yang sudah berisi tanah dan kompos. Biarkan sampai pohon tumbuh setinggi setengah meter. Kemudian, pindahkan pohon tersebut ke lahan kosong. Beri jarak 7×7 meter antara pohon satu dengan lainnya. Anda bisa menanam pohon tersebut di atas galian tanah setinggi 60 cm.

Untuk penyiraman, Anda bisa lakukan sejak usia tanaman satu sampai enam bulan. Siramlah dua hari sekali. Untuk tanaman yang berusia tujuh sampai dua belas bulan, Anda cukup menyiram sekali dalam empat hari. Kemudian, jika tanaman sudah berusia di atas satu tahun atau tergolong sudah dewasa, Anda bisa melakukan penyiraman sekali dalam seminggu.

Anda bisa menambahkan obat perangsang buah dalam penyiraman yang dapat dibeli di toko pertanian. Anda bisa menyiram tanaman kurma pada waktu pagi atau sore hari. Jangan menyiramnya di waktu siang karena akan membuat daun tanaman tersebut terbakar dan pohonnya akhirnya mati. Perkebunan kurma Anda akan terlihat semakin subur.

Pupuk yang digunakan pada tanaman kurma biasanya berjenis NPK dan dilakukan selama tiga kali dalam setahun. Dalam waktu sekitar tiga atau empat tahun, pohon ini akan mulai berbuah. Pohon kurma jantan memiliki bunga yang berbeda bentuk dari pohon kurma betina. Pohon kurma jantan mempunyai bunga berwarna putih, berukuran kecil, dan dilapisi serbuk seperti tepung. Sedangkan kurma betina memiliki bunga berwarna kuning terang atau cerah seperti halnya warna bunga kelapa.

Proses pembuahan sendiri harus Anda lakukan secara manual. Caranya adalah dengan memotong kulit mayang yang terdapat pada bagian ujung pohon buah jantan.  Setelah itu diselipkan di dalam buah betina dan diikat selama satu atau dua hari.

Pemotongan buah berukuran kecil dan lambat berbuah perlu dilakukan agar buah yang berpotensi akan maksimal berkembang lebih besar lagi. Untuk menghindari penyakit atau hama tanaman, buah perlu dibungkus menggunakan plastik atau kain.

Dari penjelasan di atas, sebenarnya teknik berkebun pohon kurma hampir sama dengan pohon sejenis lainnya. Jadi, Anda yang sudah memiliki pengalaman dalam hal berkebun bisa mencoba usaha perkebunan kurma. Selamat mencoba dan semoga berhasil dan jangan lupa kunjungi juga Sudut Kebun.

 

 

Major seven Best Thailänder Internet dating sites furthermore Apps…

More than two, 202, 102 users — the particular #1 Thailänder Online dating Web site! Hottest reports to your Thai federal government show strengthening...
julian imron
3 min read

CENTRAL BUSINESS SECTION Gummies available for purchase, CBD Gummy

There’s simply no reason you need to have to ignore the benefits of CENTRAL BUSINESS DISTRICT in anxiety about not passing a drug test....
julian imron
4 min read

Ways to Meet And Date International Beauties

To marry Asian women is very much ideal by west men, specifically nowadays. The first sign of a respectable dating service is that its...
julian imron
6 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *